Jumat, 19 November 2010 | By: Jem_Lyn

Google Docs Versi Mobile, Lebih Dari Sekedar Membuka Dokumen

Google Docs Mobile
    Hari ini Google mengumumkan tentang tambahan fitur dari layanan Google Docs versi mobile. Kalau sebelumnya versi mobile hanya bisa menampilkan atau hanya sekedar melihat dokumen, saat ini pengguna Google Docs sudah bisa membuat file baru ataupun melakukan pengeditan dokumen secara online menggunakan browser mobile.
    Dengan penambahan fasilitas baru ini, Google Docs sepertinya ingin memberikan hasil yang maksimal agar pengguna Google Docs bisa lebih produktif dalam memanfaatkan layanan ini. Artinya pengguna Google Docs bisa membuat dokumen surat penting urusan kantor walaupun ketika sedang berada di bus, kereta api ataupun sedang di tengah-tengah perjalanan. Pengguna juga bisa melakukan pencatatan secara detail dari tempat kejadian seperti konser musik atau pertandingan sepak bola menggunakan layanan Google Docs via handphone.
    Tak lama lagi Google juga akan melakukan penambahan dukungan kepada pengguna yang berbahasa Inggris agar kompatibel dengan handset yang berbasis Android Froyo versi 2.2, iPhone, iPod Touch, dan iPad yang menggunakan IOS versi 3 ke atas. "Kami akan menambahkan dukungan untuk bahasa lainnya segera," kata Google Software Engineer Andrew Grieve.
    Layanan Google Docs juga mendukung file dokumen berupa spreadsheet dan bisa melakukan pengeditan secara cepat dari browser mobile Android, Apple iPhone dan Nokia S60. Versi ringan Google Docs Spreadsheet ini sangat disarankan buat mereka yang menggunakan akses internet tak terlalu cepat. Selain itu versi ringan Spreadsheet ini juga bisa diakses lebih dari 50 orang di saat yang sama.
    "Kami menambahkan sidebar yang memungkinkan Anda melihat siapa saja orang yang mengedit pada saat yang sama, dan jika Anda mengklik sidebar, Anda dapat chatting dengan kolaborator tepat di sebelah dokumen," kata Google Software Engineer, Olga Belomestnykh.
    Dengan adanya Google Docs Mobile bisa mengetik dokumen di manapun secara online, yakni dengan satu tangan memegang handphone dan tangan lainnya masih bisa memegang pisang goreng(kpl/ggl/wim)

0 Comment:

Posting Komentar