Senin, 18 Juni 2012 | By: Jem_Lyn

How to Resurrect a DEADLY Nexian Journey ( Commtiva z71 and the clones )

Originally Posted by bebekdroid at Kaskus ( thanks for the Tutorial )


KRONOLOGIS:

minggu malem, lagi ngecharge HP sambil dengerin MP3, tiba-tiba musiknya mati. pas dicek, ternyata junednya modar  kirain batrenya yg jelek, karena ane pake batre double power abal-abal..

ganti batre, tetep juned gak mau nyala.

paginya ane bawa ke servis center nexian (resmi, karena masih garansi)

setelah dicek, katanya kena IC power karena konslet total, mati total
ane tanya bisa swap mesin ngga  jawabnya "YA NGGA LAAAHH.."

ya udah, habis itu dengan berat hati ane bawa pulang tanpa servis (biayanya gak sanggup )

dan karena udah mati.. ya iseng-isenglah ane cobain bongkar sendiri.



SUKA DUKA

punya juned itu seru.. android murah, spek cukup mantap.., tapi kalo rusak.. naujubilah.. hehehe. cari sparepartsnya susah, servisnya mahal pula. mau bongkar sendiri juga gak ada panduan skematik mesinnya..

tapi karena udah matot.. ane antepin ati ajalah bongkar juned ane yg udah almarhum..

ini ane share pengalaman ane selama bongkar almarhum junedi..


WARNING!!!
- banyak pics! aslinya lebih banyak lagi, karena setiap step ane abadikan  tapi sori pics nya kecil/burem, karena cuma diambil pake hp nokiem yg kameranya VGA doank.. hehehe
- yang ane share HANYA PENGALAMAN ANE, BUKAN UNTUK JADI RUJUKAN KERUSAKAN DI SEMUA JUNED SECARA GENERAL
- disarankan TIDAK dicoba bagi agan/aganwati yg gak terlalu teliti
- sebaiknya didampingi orang yg ngerti mesin/teknik/listrik
- kerusakan pada juned lain setelah nyobain apa yg ane coba adalah BUKAN TANGGUNG JAWAB ANE


Spoiler for almarhum junedi:




si almarhum junedi. matot. konslet total




kelengkapan juned sebelum dibedah




masih segel bok.. tapi GARANSI VOID karena kesalahan pemakaian katanya



lubangin perawan, .. alias buka segelnya




mulai dibongkar deh. petunjuk bongkarnya googling aja di 
http://boston-mania.blogspot.pt/2011...ncommtiva.html 




jeroan juned ketika telanjang (sebagian)




banyak banget kabel fleksibelnya!!  ati2, putus/salah copot, bisa berakibat FATAL



setelah LCD terpisah dari mesin..




detilnya dengan antena




mesin bagian depan




dicopot dari papan bawah (key)




papan bagian atas, mulai dibongkar


sampai di sini.. ane mentok.
karena gak bisa apa-apa lagi.. gak ada skema.

tapi kemudian ane berjuang ke forum-forum tetangga, nyari info pengukuran HP matot, penyebabnya, cara ngeceknya, dll.

telusur punya telusur, ane nemuin "cacat konslet" di sekitar IC sinyal.
(NOTE YA, BUKAN IC POWER, TAPI IC SINYAL)

lalu sesuai petunjuk bapak presiden (halah.. ) ane cari jejak biang kerok yg bikin konslet... daaaannn... KETEMU!!!



ini dia biang yang bikin konsletnya!! (yg dilingkari merah)
panas, kebakar, bau sangit, kalo dipegang (dengan power supply) terasa menyengat.



dengan bantuan doa dan sepotong solder, ane angkatlah kutu kecil itu dari papan mesin..



nih, kecilnya seupil.. bahkan lebih kecil dari upil!!


lanjuuuutttt...


Spoiler for vampir junedi:


setelah ane copot kutu kecil itu, ane coba rakit lagi..




ini bentuk rakitan kasarnya..




HELLO!!!
hello little robot!! we meet again!!





Mr. Junedi is BACK ALIVE!!




dan hal yg pertama ane lakukan adalah ngabarin Patjar™ ane bahwa si juned ane udah idup lagiii..

Woohooo




walopun sekarang udah gak perawan.. tapi yg penting juned ane hidup lagi dari kematian!!! hahaha..

 *moral of the story:
- jangan percaya begitu saja HP kita matot..
- usahakan sendiri kalo mau puas
- cari tau, mau nyoba, semangat, pantang menyerah

*NOTE:
- tingkat kesulitan : 8 dari 10
- bisa untuk pemula, tapi harus gigih nyobanya..
- bukan untuk orang yang malas mencoba 

8 Comment:

mbutz mengatakan...

nice share mastah... soldernya pake yg ujungya kecil ya? ane masi takut nyolder... adanya ya di blower aja... hehehe

Jem_Lyn mengatakan...

iya pake solder yg kecil takut ngerembet ke yg en hehehe...

Anonim mengatakan...

gan.. itu di ganti apa d cabut doank??

Jem_Lyn mengatakan...

dicabut kayanya gan....cz ga ada tutor buat ganti...

aminp mengatakan...

terus efeknya apa gan setelah dicabut tuh ic sinyal? jadi gak dapet sinyal ato gmn?

Jem_Lyn mengatakan...

wahh klo efeknya ane kurang tau gan...bisa tanya langsung ke mastah bebekdroidnya.. :)

Anonim mengatakan...

Om Jem_Lyn,mau tanya donk..
Kalo tombol kamera gak bisa dipencet kira2 masalahnya dimana n apa yang perlu diganti ya?
Jadi susah masuk ke recovery nih.. T.T
Makasih sebelumnya..

c-dick doank mengatakan...

udah lama gak maen k sini. ijin ninggalin jejak dulu mastah jem lyn. ane ctrl + D deh blog ente.

Posting Komentar